Sedekahnya Para Nabi, Sedekah Luar Biasa

Standar

Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan. tak pernah sekalipun beliau menolak apabila di mintai pertolongan baik harta maupun tenaga. Jabir bin ‘Abdillah bersaksi,” Tak pernah sekalipun Rasulullah di minta sesuatu kemudian beliau berkata “tidak” (H.R Muslim)

Di kisahkan suatu hari Nabi Muhammad SAW kehabisan harta dan sembako sampai menjaminkan dirinya untuk sebuah hutang orang badui yang sering meminta-minta pada rasulullah.

Lalu Umar r.a berkata pada Rasulullah,” Ya Rasulullah, janganlah memberi di batas kemampuanmu”.

Pada waktu itu Rasulullah terlihat sedang masghul (sibuk) untuk mendengarkan perkataan yang di ucapkan oleh Umar r.a, Tiba-tiba datang seorang laki-laki Anshar berkata,” Ya Rasulullah, jangan takut  teruslah bersedekah, jangan khawatir dengan kemiskinan.” 

Mendengar ucapan laki-laki tadi Rasulullah tersenyum lalu beliau berkata, “Ucapan itulah yang di perintahkan oleh Allah kepadaku,“( H.R Turmudzi).

Di Zaman Nabi Sulaiman a.s, sepasang merpati mengadu padanya bahwa telurnya selalu di ganggu seorang manusia. Karena Nabi sulaiman memiliki mukjizat berbicara dengan binatang di samping itu juga memiliki bala tentara dari kalangan jin, hewan dan mempunyai kendaraan berupa angin. Maka Nabi sulaiman menyuruh jin menjaga keselamatan telur merpati itu.

Namun suatu hari, merpati datang dan mengadukan pada Nabi Sulaiman, karena jin telah gagal melaksanakannya. Ketika itu Nabi sulaiman memanggil jin dan bertanya tentang tugas yang di berikan padanya, namun jin meminta ma’af karena gagal mengusir ” Ma’af, kami gagal mengusir orang yang mengganggu telur merpati karena ia di kawal oleh dua malaikat.”

Malaikat kemudian memberitahu pada Nabi Sulaiman bahwa pria itu, sebelum pergi ke sarang burung merpati telah bersedekah dengan sekeping roti kering kepada seorang pengemis.

Nabi Isa juga mengajarkan umatnya untuk bersedekah, banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Malaikat Jibril a.s mengabarkan kepada Nabi Isa a.s tentang jadwal kematian tukang cuci yang segera tiba. Ketika Nabiyullah pergi ke tempat tukang cuci tadi untuk bertakziah, terkejutlah beliau. ternyata tukan cuci tersebut masih hidup. Dia sedang mencuci seperti biasanya

Jibril turun memberitahukan kepada Nabi isya a.s” Lantaran dia telah bersedekah dengan 3 (tiga) potong roti, maka ALLAH SWT menghindarkannya dari wasilah kematiannya. Sebenarnya, di dalam tumpukan pakaian yang di bawa ada seekor ular hitam atau black mamba yang akan mematuknya hingga tewas.”

Sebagai orang yang beriman dan percaya pada Allah, kita yakin sedekah tidak dapat menjadikan seseorang jatuh dalam miskin. sebaliknya Allah akan menggantikan berlipat-lipat, tidak di ragukan lagi di dunia sudah nyata, apalagi di akhirat nanti, semoga Allah menggolongkan kita orang-orang yang suka berderma.

Iklan

Tinggalkan Tanggapan atau masukan Anda di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s